Cara menghubungkan 2 komputer dengan Rj45

Sebelumnya kita harus tau pengertian Peer to Peer atau P2P. Pengertian Jaringan Peer-to-Peer. Jaringan peer-to-peer (P2P) merupakan salah satu model jaringan komputer yang terdiri dari dua atau beberapa komputer, dimana setiap station atau komputer yang terdapat di dalam lingkungan jaringan tersebut bisa saling berbagi



Langkah pertama .

membuat kabel UTP

Tang Krimping (crimping tools), ini adalah alat untuk mejepit kabel UTP ke konektor RJ45. Pastikan anda mempunyai tang krimping ini yang diperuntukan untuk konektor RJ45, dan mempunyai presisi yang kuat. Karena jika tidak kuat penjepitnya akan lebih mudah meleset pin tembaga RJ45nya.





Konektor RJ45, Konektor adalah alat yang kita pasang pada ujung kabel UTP tujuanya agar kabel dapat kita pasang pada port LAN di perangkat jaringan kita.


Kabel UTP/LAN, jenis kabel yang digunakan dalam jaringan komputer berjenis kabel UTP Cat 5 yang berisi 8 kabel didalamnya



 membuat kabel utp dengan type straight atau cross sepertinya bisa dengan susunan seperti berikut :

Urutan Warna Kabel LAN Straight

Kabel straight mempunyai urutan warna yang sama di kedua ujungnya


 Urutan dari PIN 1 – 8

1. Orange Putih
2. Orange
3. Hijau Putih
4. Biru
5. Biru Putih
6. Hijau
7. Coklat Putih
8. Coklat






selanjutnya tes kabel yang tadi dibuat dengan lan tester, jika tidak adalah masalah maka lanjut ke langkah berikutnya.

Langkah kedua konfigurasi peer to peer adalah hubungkan kabel utp yang tadi dibuat dengan cara memasang ke setiap masing-masing komputer atau pc. jika sudah, maka otomatis adapater ethernet pada komputer akan mendeteksi terhubung atau tidaknya.

Langkah ketiga konfigurasi peer to peer adalah memberikan ip address ke setiap masing-masing komputer cukup dengan ip address dan subnet mask saja.



Langkah keempat konfigurasi peer to peer adalah mendisable wireless dengan tujuan saat konfigurasi nanti tidak ada koneksi internet.

Langkah kelima konfigurasi peer to peer adalah mendisable firewall.


Langkah keenam konfigurasi peer to peer adalah mencoba test koneksi jaringan dengan cara windows dan R dan ketik cmd dan ketik kembali "ipconfig" melihat ip address komputer masing-masing yang tadi dibuat sudah terdeteksi atau belum. selanjutnya ketik kembali "ping 192.168.1.2" jika ada pesan reply maka konfigurasi peer to peer berhasil dan jangan lupa "ping" kembali sebaliknya dari komputer 2 ke komputer 1.
jika masing-masing komputer sudah terhubung, dalam jaringan peer to peer pun dapat sharing file atau folder. simak langkah-langkah nya yaa.
Langkah ketujuh adalah menbuat file atau folder baru dan dalam file tersebut klik kanan dan pilih menu share "spesific people" lalu pilih "everyone" dan "add". jika yang dibutuhkan "read" maka nanti nya client hanya bisa membaca dan melihat dan apabila "read/write" maka client adapat melihat, membaca dan mengedit file hasil share tadi.
 
 

 Langkah terkahir dalam konfigurasi peer to peer adalah client ingin melihat file hasil share file tadi dengan cara windows dan R dan ketik alamat ip address komputer yang men share file tersebut.





Komentar

Postingan Populer